Tutorial Membuat Iklan Pasar Malam Memakai Efek Spiral


Tutorial Membuat Iklan Pasar Malam
Memakai Efek Teks Spiral




Langkah-langkahnya :
1.       Buat file baru dengan ukuraan 500x500 mm dengan resolusi 200 dpi.

2.       Tekan D untuk setting default photoshop,hitam dan putih.Kemudian tekan X untuk membalik warna  default menjadi putih dan hitam .
3.       Tekan Ctrl+Del untuk mewarnai layer background dengan warna hitam.
4.       Tampilkan Ruler Penggaris dengan menekan Ctrl+R.Klik kanan pada Ruler dan pilih satuan Pixel.Selanjutnya,buat Guides horizontal dan vertical tepat ditengah tengah gambar.

5.       Aktifkan Rengtangular Marquee Tool dan buat seleksi setengah dari gambar.Tekan Alt+Del untuk mewarnai area seleksi dengan warna putih.

6.       Hilangkan seleksi dengan menekan Ctrl+D.
7.       Klik menu Filter>Distort>Twirt,Masukan nilai 999 pada Angle untuk membuat bentuk spiral searah jarum jam klik Ok.Tekan Ctrl+F untuk menggunakan filter sekali lagi.

8.       Aktifkan Channel lakukan Ctrl+Klik pada Channel RGB untuk mendapat seleksi.Setelah seleksi terbentuk,aktifkan Path dan klik icon Make workpath from selection.
9.       Setelah anda mengaktifkan work path,tekan Ctrl+Del untuk mewarnai layer background dengan waran hitam.Langkah ini dimaksudkan untuk mempermudah anda mengedit path tersebut.
10.   Apabila garis garis Guide dirasa mengganggu sebaiknya anda sembunyikan guide tersebut melalui menu Vien>Show>Guides atau tekan Ctrl+;.
11.   Aktifkan Direct Selection Tool.


12.   dengan menggunakan Direct Selection tool,pilih titik path ke3 dari dalam gambar kemudian tekan Delete pada keyboard untuk menghapus.


13.   Masih menggunakan Direct Selection tool,klik pada area gambar berwarna hitam untuk me-nonaktifkan path.Klik kembali path,pilih titik path ke 1 sebelah kiri.Kemudian tekan Delete untuk menghapus.


14.   Klik pada area gambar berwarna hitam untuk me-nonakifkan path.Klik kembali path yang berada di tengah ,kemudian tekan Delete hingga semua path yang berada ditengah terhapus.


15.   Masih mengguakan Direct Selection tool,sekarang anda pilih bagian luar.Kemudian hapus dengan menekan Delete.


16.   Klik area pada gambar berwarna hitam untuk me-nonaktifkan path sambil menahan Alt,klik garis terluar sebelah kiri menggunakan Direct Selection tool.Bila seluruh path telah terpilih,tekan Delete untuk menghapusnya.

17.   Sekarang anda akan memasukan text yang mengikuti bentuk path melingkar inilah salah satu kelebihan Photoshop CS.Berupa fitur untuk menuliskan text mengikuti bentuk path.Aktifkan Horizontal Type Tool.
18.   Gunakan Font Arial dengan ukuran 24 pt.Sekarang arahkan mouse ke bagian teluar dari path,bila tepat maka kursor text akan berubah betuk seperti yang terlihat pada gambar.Klik path setelah kursor berkedip tandanya anda sudah bisa menulis mengikuti alur path.

19.   Ketikan kalimat yang anda tuliskan.Misalnya daftar judul buku terbitan,atau judul algu favorit kalian sekarang.Apabila telah selsai mengetik tekan Ctrl+Enter.

20.   Blok kalimat pertama,perbesar ukuranya menjadi 36pt dan ubah stylenya menjadi Bold,Selanjutnya blok kalimat ke-2,ubah ukuran menjadi 30pt dengan style Blod.
21.   Tekan Ctrl+T unutk melakukan Free Transform.Putar text kearah kiri berlawanan dengan arah jarum jam.Tekan enter apabila telah selesai.

22.   Aktifkan Elipse Tool dari Toolbox pilih opsi path pada Option Bar yang terletak diatas.
23.   Tekan Ctrl+; untuk menampilkan kembali garis garis Guidelines yang tadi disembunyikan.
24.   Buat bentuk lingkaran mengguakan Elipse Tool mulai dari tengah tengah gambar samil menahan tombol Shift+Alt.Langkah ini akan lingkaran dapat dibuat dari tengah gambar.

25.   Buat layer baru,klik icon Create New Layer,Bawa layer baru kebawah layer text.Klik icon Add layer mask sambil menahan Ctrl pada keyboard.Langkah ini akan menciptakan Vector Mask.
26.   Aktifkan Gradient Tool pilih bentuk angle gradient pada option bar.

27.   Klik warna gradient untuk membuka jemdela Garden Editor.klik tombol Option dan pilih  Noise Sample dan menu yang tampil.Klik Ok pada kotak konfirmasi untuk me-Replace warna gradient.


28.   Pada daftar gradient yang tampil,pilih tampilan warna gradient yang anda suka,misalnya,gradient dengan nuansa biru.Jangan lupa untuk mengubah nilai Roughness menjadi 60%,klik OK untuk kembali ke layar kerja.
29.   Gunakan Gradient Tool untuk membuat warna gardasi pada layer 1. Caranya tarik warna gardiasi dari tengah tengah gambar.
30.   Tekan Ctrl+: untuk menyembunyikan Guidelines.

31.   Aktifkan Parth Selection Tool dan klik pada lingkaran.Tekan Ctrl+C kemudian Ctrl+V untuk meng-copy bentuk lingkaran.
32.   Anda mungkin tidak melihat lingkaran ke-2 yang baru saja kita copy,untuk itu tekan Ctrl+T untuk Free Transform Kemudian,sambil menahan Shift+Alt perkecil ukuran lingkaran.Tekan Enter apabila telah selesai.

33.   Dari Option Bar,pilih Subtract from shape area.


34.   Aktifkan layer text,kurangi Fill hingga 0%.
35.   Tambahkan layer style Drop Shadow,klik icon Add a layer style pada palet layer.

36.   Klik icon add layer style,dan pilih Drop Shadow dari menu yang tampil. Pada kotak dialog Drop Shadow,atur nilai Opacity:75%,Distance:3px,Spread:13%,danSize:5px klik OK.

37.   Klik icon add layer style,dan pilih Inner Shadow dari menu yang tampil pada kotak dialog Inner Shadow, pilih Blend Mode: Linear Dodge, Warna: putih, Opacity: 80%, Distance: 7px, Choke: 0% dan Size: 13px klik OK.
38.   Aktifkan layer 1 kemudian klik icon add  layer style,dan pilih Stroke dari menu yang tampil.Pada kotak dialog stroke atur nilai Size:12px,Position:Inside dan pilih warna Merah.


39.   Klik icon add layer style dan pilih Bevel and Emboss,Atur nilai Depth:200%,Size:9px dan Soften:0px.klik Glass Contour dan pilih bentuk contour seperti yang terlihat pada gambar Klik OK.


1.       Kecilkan ukuran Teks dan lingkaran yang telah di buat tadi dengan menekan Ctrl+T, tekan Shift+Alt sambil memperkecil ukuran lingkaran.

2.       Ubah layer Background menjadi layer biasa dengan mengklik 2 kali layer background, lalu tekan OK.

3.       Tambahkan efek Color Overlay pada layer 0, atur seperti gambar berikut.

4.       Lalu tambahkan efek Gradient Overlay.

5.       Tambahkan efek Inner Glow.

6.       Tambahkan efek Bevel and Emboss.

Hasil dari penggunaan Efek Style

7.       Tulis teks judul untuk Iklan Pasar Malam, bebas menggunakan Font apapun yang penting menarik.

8.       Tambahkan teks pendukung seperti (Tanggal, waktu, dan tempat diadakan).

Selesai.


Komentar

Postingan Populer